Pengembangan Media Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang dan Pemberitahuan Impor Barang di Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Ekka Pujo Ariesanto Akhmad

Abstract


Pembelajaran Pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) yang dilakukan di jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya selama ini masih memakai cara orasi dan penyajian menggunakan slide OHP (Over Head Projector). Penyajian slide OHP mempunyai kelemahan pada materi, tampilan presentasi, interaksi pemakai, dan interaksi program. Oleh karena itu perlu untuk mengembangkan media berbasis komputer guna meningkatkan efektifitas pembelajaran pengisian PEB dan PIB. Masalah efektifitas pembelajaran pengisian PEB dan PIB akan diselesaikan dengan kaidah Research and Development. Langkah-langkah penelitian meliputi potensi masalah, analisis kebutuhan, desain, implementasi, validasi ahli, revisi produk I, uji coba pengguna, revisi produk II, dan publikasi masal. Responden uji coba terdiri dari 41 mahasiswa jurusan KPN semester VI dan 4 dosen jurusan KPN PDP UHT. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa skor dan persentase pada skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis komputer mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran pengisian PEB dan PIB. Berdasarkan penilaian dari mahasiswa dan dosen, media berbasis komputer pembelajaran pengisian PEB dan PIB memiliki persentase rata-rata nilai indikator; materi sebesar 68,41% (efektif), tampilan sebesar 68,66% (efektif), interaksi pemakai sebesar 79,76% (sangat efektif), dan interaksi program sebesar 79,02% (sangat efektif). Rata-rata kinerja pembelajaran baru atau menggunakan program tutorial pengisian PEB dan PIB (73,96%) lebih baik dari kinerja pembelajaran lama atau tanpa menggunakan program tutorial pengisian PEB dan PIB (37,5%). Uji statistik menggunakan t test berkorelasi pihak kiri menunjukkan t hitung -34,8354 jatuh pada daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Hipotesis alternatif (Ha) menyatakan kinerja pembelajaran lama lebih kecil dari kinerja pembelajaran baru.


Keywords


media berbasis komputer, pemberitahuan ekspor barang, pemberitahuan impor barang, research and development, efektifitas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afriani. (2007). “Analisis Pemanfaatan Tutorial Online Mata Kuliah Writing 1”. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 15-23.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danfar. (2009). Definisi/Pengertian Efektifitas. Diakses dari https://dansite.wordpress.com/2009/03/28/pengertian-efektifitas/# tanggal 3 Januari 2016.

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. (2011). Standar Kompetensi Lulusan Ekspor Impor. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional.

Hamdani dan Pebriana Arimbhi. (2014). Manajemen Perdagangan Ekspor (Level Satu). Jakarta: Penerbit IN MEDIA.

Hamdani dan Pebriana Arimbhi. (2014). Manajemen Perdagangan Impor (Level Dua). Jakarta: Penerbit IN MEDIA.

Hannafin, M. J., Peck, L. L. (1988). The Design, Development and Evaluation of Instructional Software. New York: McMillan Publ., Co.

Heinich, R., et. al. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Kristiningrum. (2007). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 pada Materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Maria Zulfiati, Heri. (2014). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis ICT (Information and Communications Technology) Dengan Aplikasi Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jipsindo, No. 1, Volume 1, Maret 2014.

Pribadi, Benny Agus, dan Putri, Dewi Padmo. (2001). Ragam Media dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU – PPAI, Universitas Terbuka.

Ramadhan, Akbar. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika di SMK Negeri 3 Jombang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudarmaji, Andy. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mata Pelajaran Sistem AC di SMK Negeri 2 Klaten. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Surjono, Herman Dwi. (1999). Pengembangan Program CAI Multimedia Untuk Pembelajaran Teori Elektronika. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta.

Widuroyekti, Barokah. (2006). “Pendekatan Belajar Aktif dan Peningkatan Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Proses Tutorial Tatap Muka”. Jurnal Pendidikan, Volume 7, Nomor 1, hlm. 55 – 65.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jurapk.v9i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ekka Pujo Ariesanto Akhmad

 

Abstracted/indexing:

googlegaruda

crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.