Analisis Perencanaan Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Jalan Plosoklaten - Gedangsewu Kabupaten Kediri

Ahmad Ridwan, Fajar Romadhon

Sari


Perkerasan jalan adalah merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sehingga perlu direncanakan dengan baik berdasarkan standar dan kriteria perencanaan yang berlaku di Indonesia. Pada penelitian ini akan dibahas tentang analisa perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) untuk pembangunan prasarana jalan di daerah perkotaan maupun di pedesaan, mengingat perkerasan jalan ini lebih mampu mendukung beban kendaraan berat serta tahan terhadap genangan air. Dari data lapangan yang telah dikumpulkan, dan melalui analisa dan perhitungan didapat Perencanaan Perkerasan Jalan dengan nilai CBR 90% adalah 3.5%. Lalulintas Harian Rata-rata pada jalan tersebut yaitu, 1. MPV, sedan, jeep, pick up: 796 buah; mini bus, truck kecil: 547 buah; bus, truck as 2: 486 buah; truck 3 as, trailer: 51 buah; sepeda motor: 11.687 buah; sepeda/becak: 288 buah; gerobak: 5 buah. Beton yang digunakan untuk struktur atas menggunakan beton mutu K.350 tebal: 19 cm; untuk pondasi bawah menggunakan mutu K.175 tebal: 10 cm; urugan pasir bawah pondasi menggunakan agregat kelas A tebal: 5 cm. Tulangan yang digunakan untuk tulangan memanjang D-13 mm, jarak 200 mm; tulangan melintang D-13 mm, jarak 400 mm; dowel (ruji) D-25 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm; tie bar D-16 mm, panjang 600 mm, jarak antar batang 750 mm. Bahu jalan menggunakan urugan pilihan 1 m di sisi kanan dan kiri badan jalan, drainase menggunakan U-Ditch tinggi: 70 cm dan lebar: 60 cm. Dari perhitungan analisis tersebut besar biaya pekerjaan perkerasan kaku (Rigid Pavement) sebesar Rp. 89.975.955.000,00 atau terbilang: Delapan puluh sembilan milyar sembilan ratus tujuh puluh lima juta sembilan ratus lima puluh lima ribu rupiah.

Kata Kunci


perencanaan jalan, analisa tebal perkerasan jalan, perkerasan kaku

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Official), Manual Rural High Way Design.

Affandi F. (2003). Perencanaan perkerasan beton semen. Jakarta. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Alamsyah Alik Ansori. (2006). Rekayasa Jalan Raya, Universitas Muhammadiyah, Malang.

Ari Suryawan. (2005). Perkerasan Jalan Beton Semen (Rigid Pavement). Yogyakarta.

Arthur Wignal, dkk. (2000). Proyek Jalan Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Erlangga.

C. Jatin Khisty & B. Kant Kall. (2003). Dasar - Dasar Rekayasa Transportasi, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Departemen Pekerjaan Umum, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang JALAN. Jakarta.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. (2003). Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. (2003). Perencanaan Perkerasan Jalan Beton (Pd T-14-2003). Jakarta.

Dirjen Cipta Karya. Peraturan Beton Indonesia 1971 (PBI 71). Dinas Pekerjaan Umum.

Hamirhan Saodang. (2004). Geometrik Jalan. Bandung: Penerbit NOVA.

Joko Untung Soedarsono. (1987). Konstruksi Jalan Raya. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Manu, A.I. Perkerasan Kaku (rigid pavement), Perpustakaan Kementrian Pekerjaan Umum.

Nyoman Suaryana. (2001). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Badan Penelitian dan Pembangunan Prasarana Transportasi, Provinsi Kalimantan Timur.

Shirley L. Hendarsin. (1987). Perencanaan Teknik Jalan Raya. Penerbit Politeknik Negeri Bandung, Jurusan Teknik Sipil, Bandung.

Sunggono. (1995). Buku Teknik Sipil. Bandung: Penerbit Nova,

Suryawan, Ari. (2009). Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement) Perencanaan Metode AASHTO. Yogyakarta: Penerbit Beta Offset.

Suwardjoko Warpani. (1988). Rekayasa Lalu lintas. Jakarta: Penerbit Bharata.

T. Gunawan dan S. Margaret. (1996). Konstruksi Beton II, Jilid 1. Jakarta: Delta Teknik Group,

Yorder and Witczak. (1975). Principles of Pavement Design. John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.62

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.