Pentingnya Peran Pendidikan terhadap Kinerja Pelaut Ditinjau dari Tingkat Pendidikan dan Status Pernikahan

Dessy Nur Utami, Rini Nurahaju

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendapat para pelaut tentang seberapa penting peran pendidikan terhadap kinerja pelaut jika ditinjau dari tingkat pendidikan dan status pernikahan pelaut itu sendiri. Sebagai subyek penelitian adalah 69 pelaut aktif yang sedang menempuh pendidikan di suatu politeknik. Hasil penelitian yang diolah dengan uji chi square menunjukkan bahwa jika ditinjau dari tingkat pendidikan para pelaut, mereka menyatakan bahwa pendidikan tidak berperan secara signifikan pada kinerjanya. Sebaliknya jika ditinjau dari status pernikahan, pelaut yang sudah menikah menilai bahwa pendidikan berperan penting sedangkan pelaut yang belum menikah menilai bahwa pendidikan tidak berperan signifikan terhadap kinerja pelaut.

Kata Kunci


pendidikan, status pernikahan, kinerja, pelaut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhanari, M.A. (2005). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada Maharani Handicraft di Kabupaten Bantul. (Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang).

Bisnis.com. (2019). Dunia Butuh 65.748 Pelaut, Ini Pesan Menhub untuk Sekolah Pelaut. Diunduh pada 11 November 2019 dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20190905/98/1145106/dunia-butuh-65.748-pelaut-ini-pesan-menhub-untuk-sekolah-pelaut

Harahap, M & Abdullah. (2016). Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, gaji dan komitmen organisasi terhadap kinerja pengelola keuangan pemerintah daerah Kabupaten Lebong. Journal of Economic Management & Business, 17(1).

Kaswan. (2017). Psikologi Industri & Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Koran-jakarta.com. (2019). Potret “Employment” Pelaut Kita. Diunduh pada 11 November 2019 dari http://www.koran-jakarta.com/potret--employment--pelaut-kita/

Kumajas, F.W., Warouw, H., & Bawotong, J. (2014). Hubungan karakteristik individu dengan kinerja perawat di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Keperawatan, 2(2).

Mandang, E.F., Lumanauw, B., & Walangitan, M.D.B. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA, 5(3).

Nurahaju, R., Utami, D. N. (2019a) Peran Pendidikan Pada Kinerja Pelaut Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Psikologi Kelautan Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah

Nurahaju, R., Utami, D. N. (2019b). Factor Analysis Of Seafarers Performance.

International Journal of Advanced Research (IJAR)

http://www.journalijar.com/current-issue/?mn=10&yr=2019&Ln=upload30092

Pasaribu, F. (2018). Pengaruh karakteristik pegawai terhadap produktivitas kerja. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi MuhammadiyahAisyiyah (APPPTMA).

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh karakteristik demografi dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada Bank Syariah Sragen). (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga).

Safitri, D.L. (2018). Pengaruh pendidikan terhadap kinerja karyawan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut dengan melalui pelatihan dan pengalaman kerja sebagai variabel intervening. (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Susanty, M. (2018). Pendidikan pelatihan dan promosi jabatan terhadap kinerja tinjauan ekonomi Islam. Laa Maysir, 5(1), 1-17.

Thomas, J., Raynor, M., & Al-Marzooqi, A. (2012). Marital status and gender as predictors of undergraduate academic performance: a United Arab Emirates context. Learning and Teaching in Higher Education: Gulf Perspectives, 9(2).

Widayati, C. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, tingkat pendidikan dan karir terhadap kinerja karyawan (Studi kasus pada sales marketing PT. Astra International Daihatsu Cabang Tangerang). Jurnal Ekonomi, XXI (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.64

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.