Analisis Cara Pengajaran Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Faulina Khusniawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara pengajaran dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan sampel sebanyak 100 orang. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel cara pengajaran dosen (x) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi mahasiswa (y) dimana konstanta adalah 2,815 dan koefisien regresinya adalah 0,34. Koefisien regresi memiliki arti, yaitu apabila nilai variabel cara pengajaran dosen (x) meningkat satu satuan, maka nilai variabel motivasi (y) akan naik sebesar 0,34 dengan asumsi nilai variabel bebas lainnya tidak berubah atau tetap. Tingkat signifikansi pada uji hipotesis sebesar 0,000 dengan keputusan tolak Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa cara pengajaran dosen mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi mahasiswa di lingkungan Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya.

Kata Kunci


Cara Pengajaran Dosen, Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Ayat 1.

Suparman. (2010). Gaya mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Cetakan ke-2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar. Cetakan ke-3. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Azwar, Saifuddin. (1996). Reliabilitas dan Validitas. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education. New York: McGraw-Hill.

Perry Roy Hilton and Charlotte Brownlow, SPSS Explained, (East Sussex: Routledge, 2004) p.364.

J. Supranto, M.A (1990). Statistik Teori dan Aplikasi, edisi kelima jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.65

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.