Kemampuan Manajerial dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Dosen di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

- Supangat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kemampuan manajerial dosen dan fungsi kepemimpinan Direktur Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya yang berorientasi pada hubungan secara bersama-sama (simultan) atau sendiri-sendiri ( parsial) mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Dosen di Progam Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya. Selain itu diantara Kemampuan Manajerial Dosen dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Program Diploma Surabaya, mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Kinerja Dosen. Dengan mengambil sampel 40 dosen di lingkungan Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya dan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, diketahui bahwa faktor Kemampuan Manajerial Dosen dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Program Diploma Pelayaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Sedangkan secara sendiri-sendiri, Kemapuan manajerial dosen berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen dan berpengaruh lebih dominan daripada variabel fungsi kepemimpinan Direktur Program Diploma Pelayaran. Fungsi kepemimpinan Direktur tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Implikasi hasil penelitian yang penting antara lain perlu mengaplikasikan secara efektif dan optimal terhadap fungsi kepemimpinan Direktur dan meningkatkan kemampuan manajerial dosen melalui training atau peningkatan strata pendidikan dengan partisipasi aktif setiap dosen. Selain itu perlu tindak lanjut penelitian terhadap variabel yang sama.

Kata Kunci


Kemampuan Manajerial Dosen, Fungsi Kepemimpinan Direktur, dan Kinerja Dosen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin. (2007). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sragen. Tesis. Magister Manajemen, STIE AUB Surakarta.

Blanchard, Harsey. (1992). Management of Organizational Behavior Utilizing Human Resources, Fourth edition, New Jersey: Prentice Hall inc. Englewood Cliffs.

Bungin, H. M. Burhan. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Putra Grafika.

Depdiknas. (2000). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Fathoni, Abdurakhmat. (2006). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. (1999). Methodology Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Hasibuan. (2001). Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Hasibuan, Malayu S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartono, Kartini. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kerlinger, Fred N. (2004). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

Koentjaraningrat. (2004). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka

Kouzes, James and Posner. (2004). The Leadership Challenge. San Francisco: Jossey-Bass.

Lounge, Business Journal. (2013). Pentingnya Kemampuan Manajerial Seorang Pemimpin. Diakses dari https://www.blj.co.id/2013/03/25/pentingnya-kemampuan-manajerial-dari-seorang-pemimpin/

Masyhud, M. Sulthon. (2009). Membangun Semangat Kerja Guru. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Ndraha, Taliziduhu. (1999). Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua, Yogyakara: Penerbit BPFE UGM.

Pasolong, Harbani. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : Alfa Beta.

Purnomo. (2006). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Negeri Sipil pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Jepara. Jurnal Daya Saing, Magister Manajemen UMS.

Robbins, Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Penerbit: Prentice Hall, edisi kesepuluh.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Rivai, Veithzal. (2006). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sabrinafauza. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Diakses dari https://sabrinafauza.wordpress.com/2010/04/05/faktor-faktor-yangmempengaruhi-kinerja-guru/

Siagian, Sondang P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sianipar, J. P. G. (2000). Perencanaan Peningkatan Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jilid I. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2003). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Thoha, Miftah. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang RI nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Depdiknas.

Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.66

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.