Penerapan Google Form Untuk Evaluasi Kehadiran Perkuliahan Taruna-Taruni Teknika PDP UHT

Maxima Ari Saktiono

Sari


Absensi adalah suatu kegiatan pencatatan jumlah kehadiran pada suatu acara yang menghasilkan data kehadiran yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Pada setiap kegiatan pasti dilakukan absensi kehadiran untuk mengetahui informasi peserta. Demikian juga dengan proses belajar mengajar di kampus dilakukan juga absensi. Kegunaan absensi ini adalah untuk mengetahui jumlah kehadiran mahasiswa/taruna untuk menentukan apakah mahasiswa/taruna tersebut bisa mengikuti ujian akhir semester dan untuk penambahan nilai. Sistem absensi yang dilakukan sampai saat ini di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah masih menggunakan absensi manual dengan kertas yang menjadi satu dengan dokumen perkuliahan. Setiap perkuliahan akan dimulai Taruna mengambil dokumen perkuliahan di ruang Tata Usaha (TU) yang ditaruh dalam satu map. Absensi kehadiran wajib dilakukan oleh Taruna yang hadir dan tidak boleh diwakilkan. Apabila Taruna tidak bisa hadir menigkuti perkuliahan dikarenakan sakit, ijin dianggap masuk apabila disertai dengan surat dari dokter atau dari wali murid dan diketahui/diparaf oleh dosen pengampu mata kuliah pada saat perkuliiahan. Setelah selesai perkuliahan map perkuliahan dikembalikan lagi ke ruang TU. TU akan merekap semua absensi perkuliahan secara manual. Pengambilan data absensi yang dilakukan secara manual memiliki banyak kekurangan, seperti kecurangan Taruna dalam mengisi absensi, data yang tidak valid ketika data masuk salah, hilangnya atau rusaknya data yang ada, kurang efisiensi dan efektifitas pada pengolahan data. Pada penelitian ini penulis memanfaatkan teknologi sistem informasi untuk membuat absensi bagi Taruna di PDP dengan memanfaatkan salah satu fitur pada Google yaitu Google Form. Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu merencanakan acara, mengirim survei, memberikan mahasiswa atau orang lain kuis atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dihubungkan dengan spreadsheet, google form merupakan sebagai bagian dari Google Drive.

Kata Kunci


daftar hadir,absensi, google, google form, google drive, efisien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, Anggi, Hassan Suryono, Erna Yuliandari. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, (UNS Surakarta, Surakarta, Indonesia). http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/11088/7899.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2001). Tips Efektif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press

Hamdan Husein Batubara. (2016). Pengunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari, Universitas Islam Kalimantan, Banjarmasin, Indonesia

J. Beswick. (2009). Getting Productive With Google Apps, 1st ed. 415 System.

Ladjamudin, Al Bahra Bin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Lamont, Ian. (2015). Google Drive & Docs in 30 minutes. New York: Media Corporation

O. Rebiere and C. Rebiere. (2017). Use Google forms for evaluation: Google forms and quizzes as effective educational tools.

Purwati, Dwi, Alifi Nur Prasetia Nugroho. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMAN 1 Prambanan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Vol. 14, No. 1, (2615 – 2150). https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/19398/10692.

Simarmata, Janner. (2007). Perancangan Basis Data. Yogyakarta: Andi.

S. Gunter and P. Rutledge. (2014). My Google Apps, Indianapolis Que, U.S.

Yustiandi, Duden Saepuzaman. (2017). Virtual Assesment: Penilaian Siswa pada Kurikulum 2013 Menggunakan Aplikasi Google Forms, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.