panduan penulisan

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan hanya menerima artikel asli yang belum pernah diterbitkan di dalam maupun di luar negeri. Artikel dapat berupa hasil penelitian atau konseptual ilmiah tentang pelayaran dan kepelabuhanan. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia.

Tulisan Artikel Hasil Penelitian disajikan dengan sistematika sebagai berikut: (a) Judul, hendaknya menggambarkan isi tulisan secara ringkas dan jelas; (b) Nama Penulis (tanpa gelar); (c) Abstrak, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak lebih dari 250 kata, berisi intisari seluruh tulisan, meliputi: masalah, tujuan, metode, dan hasil. Pada bagian bawah abstrak dicantumkan 2-5 kata kunci (key words); (d) Pendahuluan, meliputi latar belakang dan rumusan masalah serta tujuan penelitian; (e) Metode Penelitian; (f) Hasil dan Pembahasan; (g) Kesimpulan; (h) Daftar Pustaka.

Tulisan Artikel Ilmiah Konseptual disajikan dengan sistematika sebagai berikut: (a) Judul, hendaknya menggambarkan isi tulisan secara ringkas dan jelas; (b) Nama Penulis (tanpa gelar); (c) Abstrak, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak lebih dari 250 kata, berisi intisari seluruh tulisan, meliputi: masalah, tujuan, dan hasil; (d) Pendahuluan, meliputi latar belakang dan rumusan masalah; (e) Subjudul-subjudul sesuai kebutuhan; (f) Kesimpulan; (g) Daftar Pustaka.

Peringkat Judul Sub-bab dinyatakan dengan huruf yang berbeda, yaitu: level 1, ditulis dengan huruf besar semua rata tepi kiri; level 2, ditulis dengan huruf besar kecil rata tepi kiri; level 3, ditulis dengan huruf besar kecil miring rata tepi kiri.

Sitasi Kepustakaan ditulis menurut sistem nama-tahun, contoh: Menurut Moran (1996) ... atau fungsi lebih utama daripada bentuk (Hartanto, 1981).

Daftar Pustaka, merupakan daftar yang berisi buku, makalah, artikel, atau bahan lainnya yang dikutip secara langsung maupun tidak langsung. Bahan-bahan yang dibaca akan tetapi tidak dikutip tidak dicantumkan dalam daftar pustaka. Pada dasarnya, unsur yang ditulis dalam daftar pustaka secara berturut-turut meliputi: (1) nama pengarang ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik, (2) tahun penerbitan, (3) judul, termasuk sub-judul, (4) tempat penerbitan, dan (5) nama penerbit. Unsur-unsur tersebut dapat bervariasi tergantung jenis sumber pustakanya. Contoh penulisan beberapa kepustakaan:

Buku: Kusumadewi, Sri. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta:Graha Ilmu.

Karya Terjemahan: E. P. Popov. 1993. Mekanika Teknik. terjemahan Zainul Astamar. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Jurnal: Frangopol, D.M. & Curley, J.P. 1987. Effect of Damage and Redudancy on Structural Reliability. ASCE, 113(7): 1533 - 1549.

Makalah dalam Pertemuan Ilmiah: Zamani, M.B. & Ahmad, B. 2000. The Future of Traditional Wooden Fishing Boats: The Malaysian Perspectives. Makalah disajikan dalam The Second Regional Conference on Marine Sustainable Development in an Archipelago Environment, Surabaya, 7-8 September, pp. 1-7.

Artikel dari majalah: Mengenal Teknologi Penunjang VAS. Selular. hal. 54-55. Maret 2003.

Artikel atau informasi dari koran: Merawat Mobil Hibrida. Kompas. 16 Juni 2006.

Artikel atau informasi dari website: P. Landon. An Introduction to Inflow Prevention, Pump and System. (Online). March 2006 (http://www.pump-zone.com/articles/An_Intro.pdf, diakses 9 Maret 2006).

Buku manual yang diterbitkan perusahaan: Trane, Air Conditioning Manual, La Crosse, Trane, Ltd., 1994.

Buku dari suatu lembaga: Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 1994. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah. Jakarta: Depdikbud, Ditjen Dikti.

Artikel diketik dengan pengolah kata MS Word, spasi tunggal tidak lebih dari 20 halaman. Foto harus dicetak di atas kertas putih mengkilap. Gambar/grafik/tabel harus jelas dan disertai keterangan.

Artikel dapat dikirim dalam CD yang disertai hasil cetakan. Bila diperlukan, artikel dapat diedit penyunting untuk keseragaman tanpa mengubah maksud isinya.

Artikel yang telah diterima beserta semua ilustrasi yang menyertainya menjadi milik sah penerbit. Semua data, pendapat, atau pernyataan yang terdapat pada artikel adalah merupakan tanggung jawab dari penulis. Oleh karena itu, penerbit, dewan penyunting, dan seluruh staf Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan tidak bertanggung jawab atau tidak bersedia menerima kesulitan maupun masalah apapun sehubungan dengan konsekuensi dari ketidak akuratan, kesalahan data, pendapat, maupun pernyataan tersebut.