The Effect of Product, Service Quality and Price on Customer Satisfaction at PT. Rajawali Nusindo in Banjarmasin

Authors

  • Abdul Kadir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
  • Fredy Jayen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
  • Rifqi Amrulloh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
  • Tira Wahyu Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.30649/japk.v13i2.95

Keywords:

Product, Service Quality, Price, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to examine the effect of product, service quality and price on customer satisfaction at PT. Rajawali Nusindo in Banjarmasin. The research approach used is a quantitative approach. This type of research is causal associative, namely research that explains the influence of product variables, service quality and price on customer satisfaction at PT. Rajawali Nusindo in Banjarmasin. The population in this study was 2903 who were customers of PT. Rajawali Nusindo Banjarmasin. The sampling technique used is non-probability sampling using the accidental sampling method. The total sample is 97 people calculated using the Slovin formula. Data were analyzed using Instrument Test, Classical Assumption Test, and Multiple Linear Regression. The results of this study indicate that the variable product, service quality and price simultaneously have a significant effect on customer satisfaction at PT. Rajawali Nusindo Banjarmasin. The product variable has no partial significant effect on customer satisfaction, the service quality variable has a partial significant effect on customer satisfaction and the price variable has a partial significant effect on customer satisfaction. The price variable is a variable that has a dominant influence on customer satisfaction at PT. Rajawali Nusindo Banjarmasin.

References

Abdul Wahab, S. (2017). Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota

Langsa. Jurnal manajemen dan Keuangan.

Nunuk Widyawati Kusuma, Benny Agus Setiono, Sofyan Poli (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pemanduan Terhadap Kepuasan

Pelanggan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya, Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan

Volume 6 Issue 1 Pages 41-51

Enni Sustiyatik, Beni Agus Setiono (2019). Pengaruh Product, Price, Promotion, dan Place Terhadap Loyalitas Konsumen, Jurnal Aplikasi

Pelayaran dan Kepelabuhanan Volume 10 Issue 1 Pages 75-84

Firmansyah, M.A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryoko, U. B. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding

Organizer). Jurnal Ekonomi dan Manajemen.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Izzuddin, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan

konsumen di cafe lina putra net Bandungan. Journal of Management.

Kumrotin, E. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Konsumen pada Cafe Ko.We.Cok di

Solo. Jurnal Manajemen Indonesia.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa.

Jurnal Pemasaran.

Maharani, R. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab

Salahuddin. Sibatik Journal.

Mangkunegara, A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noor, F. V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada

Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu).

Novandi, D. H. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Miss Laundry di Kota Tegal.

Karya Ilmiah Skripsi.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Proses. Jurnal Bisnis.

Octavia, E. R. (2021). Pengaruh Atribut Produk, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet Smartfren

Pada Mahasiswa IAIN Kudus Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Ekonomi dan Bisnis Islam.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Yulianti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Papa Ong di Kota Makassar.

Karya Ilmiah Skripsi.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). What Are Services? (7th ed.). Mc Graw Hill Education.

Published

01-03-2023

How to Cite

Kadir, A., Jayen, F., Amrulloh, R., & Ningsih, T. W. (2023). The Effect of Product, Service Quality and Price on Customer Satisfaction at PT. Rajawali Nusindo in Banjarmasin. JURNAL APLIKASI PELAYARAN DAN KEPELABUHANAN, 13(2), 113–126. https://doi.org/10.30649/japk.v13i2.95

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>